Monday, September 3, 2012

Masa Kehamilan 7-9 Bulan (Trismester Ketiga)


Setelah usia janin memasuki trimester pertama dan kedua, sisanya adalah menunggu kelahiran yang biasanya terjadi pada trimester ketiga. Pada trimester ini yang dimulai dengan bulan ketujuh, maka Anda akan mulai disibukan dengan pemeriksaan dan persiapan kelahiran bayi.
Beberapa proses penyempurnaan perkembangan janin terjadi pada bulan-bulan ini, dimulai pada bulan ketujuh yaitu sistem sarafnya yang mulai bekerja serta otak yang berkembang dengan sangat cepat dari waktu ke waktu.

Bayi dalam kandungan juga mulai bisa membuka dan menutup kelopak mata pada trimester akhir ini khususnya pada bulan kedelapan. Gerakannya juga sudah bisa dideteksi dan akan semakin aktif pada malam hari. Masa ini adalah masa saat seorang ibu bisa memperhatikan dengan jelas pergerakan sang bayi, bersama tendangan-tendangannya.

Trimester akhir ini, bayi sudah benar-benar berkembang, baik dalam kelengkapan serta fungsi organ-organ tubuh ataupun penambahan berat badannya. Bayi juga sudah mulai bisa mengambil sesuatu dan menahannya, sementara di lain pihak dia juga sudah memiliki reflek menghisap yang baik sebagai bekalnya menyusu saat lahir nanti.

Bayi juga sudah siap dilahirkan mulai bulan delapan, dimana paru-parunya telah sepenuhnya berkembang, sistem kekebalan tubuh berfungsi, otaknya sedang bekerja dan beratnya sudah mencapai 2,3 kilogram atau lebih besar tergantung gennya. Lidah bayi juga sudah mulai mengecap rasa, entah itu rasa asam ataupun manis.


Idealnya bayi akan lahir pada umur delapan sampai sembilan bulan, saat ia sudah mencapai pertumbuhan yang cukup dan fisiknya telah tumbuh dengan sempurna.

Sangat penting bagi Anda untuk menyadari semua perubahan yang terjadi dengan bayi dalam tubuh Anda. Ketika otaknya sedang berkembang, sangatlah penting bagi Anda untuk melatih diri agar mendapatkan nutrisi yang baik dan mengkosumsi vitamin prenatal setiap hari, sesuai dengan saran dokter Anda. Istirahat yang cukup dan menjaga diri sendiri terutama jauh dari rokok, alkohol serta obat-obatan karena bisa menyebabkan kerusakan yang signifikan pada bayi Anda.

sumber : kehamila..org

baca juga yang ini : 

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment