Translate

Paling Populer

Monday, September 3, 2012

Masa Kehamilan 4-6 Bulan (Trismester Kedua)

 

USG baru mulai bisa memperlihatkan bentuk bayi dalam kandungan pada umur tiga bulan namun itu baru gambaran kasar bayi. Memasuki bulan keempat, perkembangan janin akan memasuki trimester kedua.
Janin akan mulai bergerak yaitu pada bulan keempat, tepatnya sekitar minggu ketiga belas. Hal ini terjadi karena hormon pada bayi mulai aktif sehingga mereka sudah mulai bisa bereaksi dengan situasi di dalam kandungan.

Perkembangan terjadi dengan cepat pada saat usia janin menginjak umur tiga bulan. Perkembangan bagian tangan dan kaki mulai diikuti dengan tumbuhnya kuku serta rambut-rambut halus. Rambut halus ini akan semakin menebal pada usia empat bulan, yang menyebabkan sempurnanya bentuk alis, bulu mata serta rambut. Kulit juga mulai berkembang pada periode ini, yang dimulai dengan kulit yang sangat tipis.

Begitu pula dengan panca indera yang lainnya seperti mata, hidung, telinga ataupun mulut. Sehingga pada bulan keempat ini, wajah mulai terbentuk pada janin. Pada umur tiga bulan, bayi Anda akan seukuran empat inci dan bertambah satu inci pada bulan setelahnya.


Sementara untuk berat, pada umur empat bulan baru mencapai 45 gram tapi akan meningkat drastis setelah bulan keempat yaitu sampai 160 gram. Benar-benar perkembangan yang pesat. Jika sekarang Anda hamil dengan umur lima bulan, maka siap-siaplah untuk merasakan tendangan lembut pada perut Anda. Penyebabnya ya itu, hormon yang mulai aktif sehingga memicu aktivitas bayi.

Yang paling penting, pada umur lima bulan bayi Anda akan mulai membentuk selaput putih yang melapisi tubuh serta kulitnya yang kemudian kita kenal dengan ari-ari. Perkembangannya akan semakin mantap pada bulan keenam, dimana sistem pencernaan bayi sudah tumbuh sempurna sehingga mulai berfungsi. Berat badan bayi semakin bertambah pada bulan ini hingga mencapai 650 gram dengan panjang sekitar 12 inci.

Gerakan akan semakin terasa karena pada umur enam bulan ini bayi mulai berubah posisi.Anda mau makin merangsang pertumbuhannya? Maka umur enam bulan ini, mulailah menyiapkan musik-musik lembut karena bayi sudah mulai bisa mendengar.

sumber : kehamilan.org

baca juga yang ini : 

 

 

 

No comments:

Post a Comment