Saturday, September 22, 2012

Langkah Mengenalkan Hewan pada Anak


Binatang pun bisa menjadi teman bermain yang menyenangkan. Namun sebelum mengizinkan anak memeliharanya, pastikan dulu kesiapannya. Berikut saran dari Hedi Anggraheini, Psi, dari UnityAreta Jayasri Jakarta, kepada orangtua dalam mengenalkan binatang kepada anak. Ada empat langkah yang harus dilakukan orangtua sebelum memutuskan membelikan hewan peliharaan untuk si buah hati.


1. Ceritakan kisah binatang pada anak. Isi ceritanya tentang habitat binatang tertentu, sifatnya, pola hidupnya, makanannya, pesan moral di dalamnya, yang akan memberikan pengetahuan kepada anak mengenai kehidupan binatang. Sampaikan dengan cara yang menyenangkan sehingga anak merasa terhibur dan semakin tertarik memelihara binatang.

2. Kenalkan anak pada binatang. Selanjutnya, ajak anak melihat sendiri berbagai jenis binatang. Bisa lewat buku pengetahuan, buku gambar, buku cerita, dilanjutkan dengan menonton film tentang berbagai binatang. Sebaiknya, ajak anak menyaksikan langsung binatang yang akan dipelihara. Kita bisa mengajak anak ke toko binatang untuk melihat anjing, kucing, burung, dan lainnya. Bisa juga pergi ke kebun binatang atau ke tempat kolega yang memelihara banyak binatang.

3. Minta nasehat pada yang berpengalaman. Jika ada teman yang gemar memelihara binatang, mintalah saran dan nasehat dari mereka seputar pemeliharaan binatang. Biasanya mereka punya pengalaman berharga yang bisa kita ambil sehingga kita bisa memetik pelajaran darinya.

4. Beli buku panduan memelihara binatang
. Buku panduan ini bisa dibeli di toko buku atau komunitas pecinta binatang. Belilah buku panduan yang terkait dengan binatang yang akan dipelihara oleh anak. Jika anak ingin memelihara kucing anggora misalnya, belilah buku tentang kucing anggora sehingga kita bisa mengetahui kebiasaannya, karakternya, makanannya, kesehatannya, dan lainnya. Dengan memahami berbagai hal ini, kita bisa merawatnya jauh lebih baik.

(Tabloid Nakita/Irfan Hasuki)

buka juga yang ini : 

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment