Friday, November 25, 2016

Politik Shalat dan Shalat Politik

DUNIA HAWA - Apakah salat, termasuk salat Jum’at, boleh dilakukan di jalan raya? Boleh. Salat bisa dilakukan dimana saja: di masjid, rumah, kantor, kampus, lapangan, stadiun, hutan, padang pasir, kereta, pesawat, mobil, bajaj, dlsb. Di negara-negara Barat bahkan, karena keterbatasan masjid, banyak kaum Muslim yang melakukan salat di gereja atau tempat-tempat ibadah non-Muslim lain. Bahkan di kampung-kampung, banyak umat Islam yang salat di langgar. Jadi, salat “di langgar” saja boleh apalagi di jalan raya he he. Kalau masjidnya berada di pinggir jalan raya, kemudian jamaah salat Jum’atnya sangat banyak dan tak tertampung di masjid, akhirnya kan meluber ke jalan raya. Jadi, boleh kan salat di jalan raya? 


Tetapi kalau banyak masjid yang masih kosong melompong kok kemudian ngotot mau salat berjamaah di jalan raya, itu namanya bukan “salat agama” tapi “salat politik”. Salat, seperti bentuk-bentuk ibadah ritual lain baik di Islam maupun di agama-agama lain, bukan hanya “tindakan ibadah” agama semata tetapi juga bisa disebut sebagai “aksi politik” kalau dilakukan dengan motif dan tujuan politik tertentu.  

Fenomena “ibadah sebagai aksi politik” ini terjadi di banyak negara dan masyarakat. Dulu, di Bolivia, seperti ditunjukkan dalam studi June Nash, para buruh, karyawan dan pengusaha perusahaan timah swasta menggunakan ritual tradisional bernama cha’alla untuk memprotes kebijakan pemerintah yang melakukan nasionalisasi perusahaan timah. Di Perancis, kaum perempuan Muslimah pernah menggalang “gerakan jilbab” sebagai bentuk protes pada pemerintah yang melarang umat beragama menggunakan simbol-simbol keagamaan di tempat-tempat publik. Sejumlah sekte agama, baik dalam Islam maupun non-Islam, termasuk kelompok mistikus dan sufi, dalam sejarahnya juga pernah menggelar “ritual untuk politik” yang memiliki latar belakang dan tujuan macam-macam. 

Apakah salat Jum’at di jalan raya itu sah? Itu bukan urusanku. Apakah salat Jum’at di jalan raya itu haram? Itu juga bukan urusanku. Apakah salat Jumat di jalan raya akan diterima oleh Allah? Ini juga bukan urusanku tahu! 

Yang aku tahu, kalau memang benar ada gerakan dan memobilisasi massa untuk salat Jum’at di jalan raya, sementara banyak masjid atau lapangan yang kosong-melompong, itu jelas para penggerak dan penggagas salat Jum’at di jalan raya itu hendak menggunakan ritual salat sebagai “instrumen politik” untuk tujuan-tujuan politik tertentu. Inilah yang saya sebut sebagai “politik salat”, dan kalau memang benar terjadi “salat Jum’at di jalan raya”, maka salatnya itu disebut “salat politik”. 

Jika tidak ada hujan dan tidak ada angin, kok orang-orang rombongan salat Jumat di jalan raya, maka kita patut menduga: ini pasti ada “udang di balik tepung”. Saya sarankan kepada umat Islam, kalau mau “unjuk gigi” ke publik dan masyarakat dunia itu dengan kehebatan ilmu pengetahuan dan teknologi, bukan dengan ritual-ritual beginian, nanti kalian malah kelihatan sebagai umat yang o-on, udik, dan norak. Malu-maluin…

Jabal Dhahran, Arabia

@Prof.Dr.Sumanto al Qurtuby, MSi, MA

Staf Pengajar Antropologi Budaya di King Fahd University of Petroleum and Minerals, Arab Saudi

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment