Tuesday, September 20, 2016

Merawat Rambut Rontok Dengan Alami


DUNIA HAWA - Rambut rontok terkadang menjadi masalah besar bagi seseorang terlebih jika kerontokannya sudah sangat parah. Sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang wajar karena setiap orang pasti mengalaminya, namun hal ini menjadi tidak wajar bila kerontokan yang yang dialaminya terlalu banyak dan sering. Jika kerontokan belum terlalu banyak ada baiknya kamu melakukan mencegahan rambut rontok dan jika hal itu telah terjadi maka lakukan upaya perawatan rambut rontok secara alami agar masalah rambut rontok tersebut bisa teratasi.

Cara merawat rambut rontok secara alami adalah cara yang aman bagi kesehatan rambut karna tidak mengandung bahan kimia selain itu juga ramah dikantong. Mengapa cara merawat rambut rontok secara alami sangat dianjurkan? Hal ini terkait dengan efek samping yang ditimbulkan dibanding dengan menggunakan bahan kimia.

Inilah 10 Cara Merawat Rambut Rontok Dirumah


Perawatan rambut rontok secara alami ini bahkan sangat dianjurkan oleh para dokter karena bahan-bahan kimia yang beredar luas dipasaran susah dideteksi tingkat keamanannya jika dibandingkan dengan perawatan rambut rontok secara alami. Bahan-bahan yang digunakan untuk perawatan rambut rontok secara alami ini sangatlah mudah didapat karena memanfaatkan bahan yang ada dari sekitar kita.

1.Teh hijau


Selain dijadikan minuman teh hijau juga memiliki fungsi yang bagus dalam perawatan rambut rontok secara alami. Teh hijau memiliki khasiat untuk mengurangi rambut rontok dan meningkatkan tumbuhnya rambut dari kandungan tinggi antioksidannya. Cara untuk mengolahnya pun sangat gampang yaitu dengan menyeduh 2 kantung teh hijau menggunakan air hangat kemudian mengusapkannya pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala yang rontok. Setelah itu diamkan sekitar 10 menit saja lalu bilas dengan air bersih. Itulah perawatan rambut rontok secara alami dengan memanfaatkan bahan alami teh hijau.

2.Bawang putih


Khasiat yang dimiliki oleh bawang putih dalam perawatan rambut rontok ini bisa dilakukan dengan cara menghaluskannya dengan blender lalu usapkan keseluruh bagian rambut setiap sebelum tidur. Setelah pagi menjelang segera bilas dengan air dan shampo. Perawatan rambut rontok secara alami dengan menggunakan bawang putih ini sangat simpel dan mudah bukan?

3. Bawang merah


Tak kalah dari saudaranya yaitu bawang putih, bawang merah ini pun juga bersaing untuk membantu mengatasi kerontokan yang terjadi pada rambut. Cara memanfaatkan bawang merah ini cukup mudah yaitu mengkonsumsi bawang merah ini dalam bentuk makanan jadi seperti acar atau bahkan bisa dimakan begitu saja tanpa campuran bahan lain agar khasiatnya lebih terasa.

Memang terkadang kita kita tentu tidak tahan terhadap baunya apalagi jika memakannya secara langsung, namun jangan khawatir karena hal tersebut bisa diatasi dengan mengolesi kulit kepala menggunakan bawang merah ini saat malam hari. Setelah pagi hari tiba, segera keramas hingga baunya menghilang.

4. Jahe


Cara merawat rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan alami jahe. Dalam perannya untuk perawatan rambut rontok secara alami jahe juga bisa dikombinasikan dengan bawang putih. Kedua bahan ini dihaluskan bersamaan lalu setelah benar-benar halus kemudian dioleskan pada rambut. Setelah beberapa saat keramaslah dengan air bersih dan shampo. Lakukan hal ini berulang kali hingga terasa perbedaannya.

5. Lidah buaya


Ekstrak lidah buaya sudah sangat terkenal khasiatnya sebagai cara merawat rambut rontok secara alami dan cepat. Kandungan yang dimiliki lidah buaya bisa menolong untuk mengembalikan sel-sel kulit mati dan rusak serta meremajakan kembali bentuk dan sel jaringan rambut supaya menjadi lebih sehat.

Cara merawat rambut rontok dengan lidah buaya ini adalah dengan mengambil lidah buaya kemudian membelahnya menjadi dua bagian, diambil dalamnya lalu potong-potong. Setelah itu diusapkan keseluruh bagian kepala termasuk rambut dan kulitnya secara merata, diamkan selama 20 menit dan mencucinya dengan air bersih.

6. Jeruk nipis


Selain terkenal dengan khasiatnya untuk mengobati sakit tenggorokan ternyata jeruk nipis juga berperan aktif dalam upaya perawatan rambut rontok secara alami. Caranya yang cukup mudah yaitu iris jeruk nipis menjadi beberapa bagian lalu usapkan merata pada kulit kepala. Setelah sekitar 15 menit lalu keramaslah hingga bersih. Selain ampuh dalam perannya sebagai cara merawat rambut rontok, jeruk nipis juga ampuh dan efektif untuk menghilangkan ketombe dengan cepat.

7. Minyak kemiri


Sejak lama, minyak kemiri ini sudah dikenal khasiatnya untuk menumbuhkan jenggot dan kumis. Para orang tua juga telah mempercayainya sejak lama bahkan hingga sekarang tak sedikit minyak kemiri ini diburu oleh banyak orang. Sama dengan cara merawat rambut rontok sebelumnya, minyak kemiri ini juga tinggal dioleskan pada kulit kepala hingga merata dan dibersihkan setelah beberapa menit.

8. Alpukat


Dalam kamus perawatan rambut rontok secara alami, alpukat memiliki kandungan protein yang sangat baik bagi pertumbuhan rambut. Kamu bisa memakainya sebagai masker yang dihaluskan terlebih dahulu kemudian pakai sebagai masker pada kapala. Pastikan merata dari akar hingga ujung rambut, setelah itu diamkan selama 20 menit dan bersihkan dalam aktifitas keramas hingga benar-benar bersih dengan shampo dan air bersih.

9. Yoghurt


Inilah satu lagi bahan alami untuk perawatan rambut rontok secara alami. Cara merawat rambut rontok dengan memanfaatkan yoghurt ini adalah dengan mengoleskannya layaknya memakai masker pada saat creambath. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air.

10. Daun seledri


Tak hanya mencegah ramput rontok, daun seledri bahkan memiliki fungsi yang baik bagi rambut yaitu, untuk menyegarkan dan membuat rambut menjadi lebih sehat. Caranya siapkan sekitar 10 batang daun seledri kemudian haluskan. Setelah itu basahi rambut dan ratakan ke seluruh bagian rambut termasuk kulit kepala, pijat kulit kepala dengan pelan agar kepala menjadi lebih rileks dengan kekayaan kandungan pada daun seledri dan vitaminnya pun menyerap ke akar-akar rambut. Setelah itu diamkan sejenak beberapa saat lalu keramaslah untuk membilasnya.

Beberapa bahan yang bisa dijadikan sebagai cara merawat rambut rontok secara alami diatas, bisa kamu jadikan referensi dan alternatif dalam cara yang mudah kamu lakukan. Kamu perlu waspadai jika rambut dikepalamu rontok begitu banyak, bisa jadi hal tersebut adalah semacam penyakit atau disebabkan oleh hal-hal tertentu. Jadi, cara terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter supaya diagnosanya jelas sehingga kamu bisa melakukan penanganan dengan langkah yang tepat. Selain itu kamu juga bisa memberikan saran kepada orang terdekat bahan alami ini pada mereka dalam upaya perawatan rambut rontok secara alami sebagai upaya terbaik bagi kesehatan rambut.

[dh]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment