Thursday, September 22, 2016

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan


DUNIA HAWA - Meskipun zaman semakin modern, tidak menghalangi bahan-bahan tradisional atau alami untuk digunakan sebagai obat alternatif. Terlebih di Indonesia yang kaya akan sumber daya yang dapat bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah daun sirsak. Banyak orang yang meyakini manfaat daun sirsak untuk kesehatan sangat ampuh khususnya untuk penyakit-penyakit berat seperti ginjal, jantung, bahkan kanker.

Inilah Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Yang Dahsyat!


Berikut ini beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum banyak diketahui

1. Mengatasi Asam Urat


Penyakit ini biasanya akan menyerang para pria karena aktivitas pria yang lebih banyak dan berat daripada wanita. Namun, hal ini juga tidak menutup kemungkinan jika para wanita dapat terserang penyakit ini. Kandungan alami daun sirsak dapat mengatasi penyakit ini dengan meminum ramuannya secara teratur.

2. Mencegah Penyakit Batu Ginjal


Batu ginjal adalah gangguan pada ginjal yang disebaabkan karena pembentukan atau penimbunan garam kalsium di dalam urine. Daun sirsak memiliki berbagai kandungan alami, seperti annocatalin, anonol, gentisic acid dan masih banyak lagi. Sehingga daun ini dipercaya mempunyai manfaat daun sirsak untuk kesehatan ginjal yakni dengan mencegah penyakit batu ginjal.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Gangguan ini lebih dikenal dengan hipertensi. Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya karena dapat memicu timbulnya penyakit lain, seperti stroke.

4. Mengatasi Bisul


Bisul adalah penyakit yang tidak terlalu parah namun cukup mengganggu untuk aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa helai daun sirsak yang masih muda untuk kemudian ditempelkan pada bisul hingga mengering. Lakukan hal ini secara teratur agar bisul dapat segera diatasi.

5. Menyembuhkan Diabetes


Biasanya diabetes menyerang orang-orang yang sudah tua karena kadar gula darah yang cukup tinggi. Untuk mengatasi penyakit ini, maka kadar gula dalam darah harus diturunkan atau dinormalkan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi ramuan daun sirsak agar dapat dinetralisir. Apabila kadar gula dalam darah berkisar antara 70 sampai 120 mg, maka sudah dikatakan normal.

6. Mengobati Kanker


Pada umumnya, cara untuk mengatasi kanker adalah dengan kemoterapi. Namun, daun sirsak diyakini memiliki khasiat 100 kali dari kemoterapi dalam mengatasi kanker. Hal ini dikarenakan, kandungan dalam ramuan daun sirsak dapat membunuh sel-sel tubuh yang tumbuh tidak normal, seperti sel kanker.

7. Mengatasi Sesak Napas & Asma


Daun sirsak dipercaya memiliki kandungan alami yang dapat digunakan sebagai obat sesak napas dan asma. Cara untuk mendapatkan khasiat ini adalah dengan mengonsumsi ramuan daun sirsak.

8. Mengurangi Sakit Pinggang


Sakit pinggang biasanya terjadi ketika kita melakukan aktivitas yang terlalu berat dan memaksakan fungsi atau kekuatan pinggang. Ramuan daun sirsak dapat digunakan sebagai obat untuk mengurangi rasa sakit pada pinggang.

9. Mengatasi Penyakit Jantung Koroner


Penyakit ini disebabkan karena penumpukan dan penyumbatan lemak pada dinding pembuluh darah di jantung. Sifat vasodilator memaksimalkan manfaat daun sirsak untuk kesehatan jantung dalam memperbesar saluran pembuluh darah yang tersumbat. Selain itu, daun sirsak juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang sering muncul sebagai keluhan penderita jantung koroner. Oleh karena itu, ramuan daun sirsak ini sangat cocok bagi penderita penyakit jantung koroner.

10. Mengobati Batuk Ringan


Selain untuk penyakit berat, daun sirsak ini juga memiliki khasiat sebagai obat batuk. Namun, batuk di sini masih dalam keadaan ringan. Jika batuk sudah parah, maka segeralah periksakan diri ke dokter agar segera ditangani.

11. Sebagai Obat Wasir


Penderita wasir tidak dapat bebas dalam memilih makanan. Mereka harus menghindari pedas dan asam. Pengobatan secara alami sangat dianjurkan agar penyakit ini dapat diatasi.

12. Mengatasi Rematik dan Eksim


Eksim dan rematik ini merupakan penyakit yang berhubungan dengan tulang. Daun sirsak diyakini dapat mengobati penyakit yang berhubungan dengan tulang.

Setelah mengetahui manfaat daun sirsak untuk kesehatan diatas, sekarang kita akan membahas bagaimana cara penggunaan ramnuan daun sirsak untuk kesehatan.

Cara Membuat Ramuan Daun Sirsak


Berikut cara mudah membuat ramuan daun sirsak untuk mengatasi berbagai penyakit di atas:

1. Siapkan 10 lembar daun sirsak yang sudah dibersihkan menggunakan air bersih

2. Rebus 3 gelas air putih bersamaan dengan daun sirsak yang sudah bersih.

3. Tunggu beberapa menit hingga air menyisakan 1 gelas air ramuan.

4. Ramuan sudah bisa diminum.

Oke itu Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan. Ramuan daun sirsak hendaknya dikonsumsi secara teratur dalam waktu dua minggu dan dalam sehari cukup dua kali, yakni pagi dan sore. Namun, jika tidak menimbulkan hasil juga maka segera periksakan diri ke dokter.

[dh]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment