Friday, September 16, 2016

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil


DUNIA HAWA - Salah satu buah yang kaya akan manfaat adalah buah naga dan manfaat buah naga untuk ibu hamil telah banyak dibuktikan dengan penelitian. Banyak wanita hamil yang ragu bahkan takut untuk mengonsumsi buah naga, padahal kandungan buah ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan juga janin yang ada dalam kandungan. Apa saja manfaat buah naga bagi wanita hamil? Berikut adalah manfaat buah naga untuk ibu hamil dan janin.

Penting! Inilah Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil


1. Membentuk Sel Darah Merah


Buah naga mengandung 0,65 mg kandungan zat besi per 100 gramnya, kandungan zat besi ini dapat berfungsi untuk pembentukan sel darah merah sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya anemia pada wanita hamil. Saat kondisi hamil sel darah seorang wanita akan terbagi menjadi dua, yaitu untuk sang ibu sendiri dan janin yang ada di dalam kandungannya, sehingga wanita dalam kondisi hamil sangat rentan mengalami anemia.

2. Sumber Energi


Dalam 100 gram buah naga terdapat 9-14 gram karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi bagi wanita hamil. Dalam kondisi hamil, seorang wanita dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat sebanyak 135 gram sehari sebagai sumber energi bagi tubuh dan janin.

3. Membantu Pertumbuhan Janin


Salah satu kandungan buah naga yang dapat membantu pertumbuhan janin dalam kandungan adalah folat. Kandungan folat dalam buah naga sangat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan janin, jika janin tidak dapat tumbuh dan berkembang maka akan berisiko keguguran atau cacat.

4. Mengurangi Resiko Masalah BAB


Buah naga mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan. Wanita yang dalam keadaan hamil sangat rentan terkena masalah BAB, sehingga mengonsumsi buah naga ini dapat melancarkan BAB dan juga menyehatkan usus.

5. Meningkatkan Sistem Imun


Buah naga mengandung vitamin C dalam kadar yang cukup tinggi, kandungan vitamin C ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga dapat mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit seperti batuk, pilek, dll. Jika sistem kekebalan sang ibu baik maka sistem kekebalan janin pun juga baik, begitu sebaliknya.

6. Pertumbuhan Tulang dan Gigi


Kandungan kalsium dalam buah naga dapat membantu dalam pembentukan pertumbuhan tulang dan gigi pada janin. Inilah salah satu kandungan dan manfaat buah naga untuk ibu hamil.

7. Sebagai Penangkal Radikal Bebas


Dalam buah naga mengandung antioksidan yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya bagi wanita hamil dan juga dapat memberikan pengaruh buruk pada janin yang dapat menyebabkan bayi lahir premature bahkan cacat.

8. Menyempurnakan Indera Penglihatan Pada Janin


Buah naga mengandung karoten yang dapat menyempurnakan indera penglihatan pada janin. Kandungan karoten ini lebih banyak terdapat pada buah naga merah.

9. Mengatasi Masalah Dehidrasi


Salah satu manfaat buah naga untuk ibu hamil muda adalah mengatasi dehidrasi karena kandungan air pada buah ini cukup tinggi. Selain itu, buah naga ini juga sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama proses kehamilan

10. Mencegah Resiko Terkena Penyakit Tulang


Salah satu penyakit yang sering mengintai seorang ibu hamil adalah osteoporosis karena selama kehamilan wanita akan membawa beban yang cukup berat sehingga dapat mengikis kesehatan tulang. Kandungan kalsium dalam buah naga dapat mengurangi resiko wanita hamil mengalami penyakit osteoporosis atau penyakit tulang lainnya.

11. Mengurangi Resiko Bayi Lahir Premature


Bayi yang lahir secara premature dapat disebabkan kurangnya folat selama dalam kandungan. Buah naga memiliki kandungan folat yang tinggi sehingga wanita hamil yang mengkonsumsinya dapat mengurangi resiko bayi lahir secara premature.

12. Dapat Menyeimbangkan Metabolisme Sel


Adanya keseimbangan kesehatan antara ibu dan janin yang dikandungnya dipengaruhi oleh keseimbangan sel. Kandungan vitamin B1 pada buah naga dapat membantu dalam penyeimbangan metabolisme sel sehingga dapat menyeimbangkan kesehatan ibu dan janinnya.

13. Membentuk Sistem Syaraf Tulang Belakang Pada Janin


Buah naga mengandung folat yang dapat membantu dalam membentuk sistem syaraf tulang belakang pada janin sehingga janin dapat berkembang sesuai dengan usianya. Janin sangat rentan dengan kelainan dan cacat syaraf tulang belakang, sehingga ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga.

14. Menormalkan Tekanan Darah


Kandungan vitamin B pada buah naga sangat bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah pada ibu hamil yang mengalami hipertensi yang dapat membahayakan janin, yaitu janin rentan terkena komplikasi.

Oke, itulah dia informasi seputar manfaat buah naga untuk ibu hamil sehingga dianjurkan untuk mengonsumsinya. Seorang wanita yang sedang hamil harus selalu memperhatikan kondisi tubuh dengan cara selalu memperhatikan makanan yang di konsumsi serta kebugaran tubuh sendiri agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

[dh]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment