Wednesday, March 30, 2016

Resep Es Spesial Kuwut Bali


Dunia Hawa - Ketika panas teriknya matahari sedang membakar di atas kepala, tenggorokan cenderung lebih mudah terasa kering. Alhasil, dahaga dalam kerongkongan pun akan semakin besar. Kalau sudah diserang rasa haus seperti itu, rasanya melepaskan dahaga hanya dengan air putih saja masih kurang memuaskan.

Rasa haus bisa saja terus menyerang. Minum terus tapi tetap haus pasti sangat menyiksa karena bisa membuat perut kembung sementara kerongkongan masih tetap meronta meminta air. Hmm, kalau sudah begitu, Anda pun akan perlu resep jitu untuk membuat dahaga yang menyerang Anda menjadi menyerah.

Nah, salah satu resep jitu yang bisa Anda coba adalah es kuwut. Anda pernah mendengar nama es ini? Es Kuwut memang belum begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia secara luas. Tapi kesegaran spesial dari es ini pasti akan terngiang bagi mereka yang pernah mencicipinya.

Es spesial kuwut ini adalah minuman khas yang banyak ditemukan di area Pulau Dewata Bali. Es spesial ini diakui sangat mahir dalam melepaskan dahaga. Selain sensasinya yang menyegarkan, es ini punya paduan rasa yang khas dan menarik.

Bila dicicipi, Anda bisa merasakan ada rasa manis yang dipadukan dengan asam yang menyegarkan di dalam es spesial kuwut ini. Hmm, ini memang merupakan paduan rasa yang pas untuk dinikmati saat panas di bawah terik matahari.

Sayangnya, es spesial yang satu ini memang tidak mudah untuk ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Tak mungkin juga khan kalau Anda harus terbang ke Bali setiap kali dahaga menyerang. Apalagi, untuk sekedar mencicipi es yang spesial ini.

Untuk itu, jika Anda belum berkesempatan mampir ke Bali untuk menikmati es kuwut ini, Anda bisa juga loh membuatnya sendiri. Untuk membuat es spesial yang satu ini tidak sulit kog. Caranya cukup praktis untuk dibuat sendiri di rumah. Jadi, Anda tentu bisa membuatnya sendiri.

Jika Anda membuatnya untuk keluarga, keluarga Anda tentu akan semakin sayang pada Anda. Menikmati kesegaran bersama orang – orang terkasih memang selalu menyenangkan.

Bahan yang diperlukan untuk membuat es spesial kuwut Bali :

•1 buah kelapa muda (ambil daging buah kelapa muda dengan cara diserut)
•½ buah melon (kerok dengan kerokan bentuk bulat atau bisa dengan serutan bentuk panjang)
•1 sendok teh biji selasih kering (rendam sampai mekar)
•800 ml air kelapa muda segar
•70 gram gula pasir (larutkan dengan menggunakan 100 ml air panas)
•2 buah jeruk nipis (peras, saring dan ambil airnya)
•Es batu secukupnya (pecah kecil – kecil, atau bisa juga dengan menggunakan es batu kristal atau tube)

Cara membuat es spesial kuwut Bali :

Membuat es spesial kuwut khas Bali asli sebenarnya sama sekali tidak sulit. Pertama – tama Anda bisa menyiapkan aneka bahan isi yang dibutuhkan.
Kelapa muda dikerok dengan serutan, atau bisa juga dengan menggunakan sendok makan.
Begitu juga dengan buah melon diserut panjang atau dikerok bentuk bulatan kecil.
Lalu, mekarkan juga biji selasih.
Kemudian, larutkan gula pasir dalam air panas.
Selanjutnya, Anda bisa menyiapkan gelas saji dan tata serutan kelapa muda dan bola – bola melon ke dalamnya. Aduk perlahan agar rata.
Lalu, siram dengan air kelapa muda.
Selanjutnya, tambahkan dengan larutan gula lalu tambahkan juga dengan air perasan jeruk nipis.
Kemudian, tambahkan es batu, terakhir, hiasi dengan biji selasih yang telah dimekarkan es spesial kuwut Bali sudah siap dinikmati bersama kerabat dan sahabat.

[resep masakan nusantara]



Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment