Wednesday, March 2, 2016

Nyunnah Kaffah


"Nyunnah" itu istilah kekinian yang maksudnya mengikuti sunnah Nabi, menjadikan Nabi sebagai suri tauladan. sedangkan "Kaffah" secara definisi bisa diartikan Akurat (tepat).

Jadi seperti apa nyunnah yang kaffah itu? yakni menjadikan Nabi sebagai suri tauladan dengan mendahulukan PRILAKU dan ADAB sebelum berpakaian dan penampilan.

Karena Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad untuk membawa bangsa Arab meninggalkan KEBIADABAN, kata mbah kiyai Dr. Eyad Sarraj, sesepuh Palestina.

Yang membuat manusia biadab itu adalah ketika ia memperlakukan manusia lain TANPA ADAB, makanya manusia yang baik terhadap sesama disebut "BER-ADAB".

Jadi biadab-beradab itu esensinya adalah cara memperlakukan manusia lain, karena kita mahluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa manusia lain, bukan mahluk planet Namec yang bisa solo karir melanglang jagat.

Oleh sebab inilah Allah SWT menurunkan Islam kepada Nabi Muhammad SAW, untuk mengajarkan bangsa Arab cara memperlakukan sesamanya, memanusiakan manusia, menuhankan Allah.

Konsepnya tidak jauh berbeda dengan 10 perintah Tuhan yang diturunkan Allah kepada Nabi Musa yang menjadi pilar agama Yudaisme yang dianut bangsa Yahudi..

Jangan menuhankan selain Allah,
Jangan membunuh,
Jangan berzinah,
Jangan mencuri,
Jangan menyakiti tetangga, dst..

Firman Allah dalam Al-Quran dan wasiat Nabi dalam Hadits penuh dengan perintah untuk memperlakukan sesama manusia dengan baik tanpa memandang ras dan agama, tidak ada syarat dan ketentuan yang berbunyi "baik hanya kepada sesama Muslim saja", TIDAK ADA.

Jadi bila hakrkat Islam mewajibkan Muslim menjadi bagian dari umat manusia, mewajibkan beprilaku baik terhadap orang lain tanpa peduli ras dan agamanya.. maka bersuri tauladan kepada siapa mereka yang suka menyakiti manusia lain?

Mengkafir-kafirkan menyakiti perasaan, mengharam-haramkan merusak kerukunan, menyesat-sesatkan aliran lain, bahkan sampai menghalalkan darah.. padahal ngakunya "ISLAM" bersurban, berpeci, bergamis, bercingkrang, berjenggot, jidat legam?

Mungkin mereka bersuri tauladan kepada Mahluk Planet Namec. RAJA IBLIS PICCOLO. harus dikameha-meha orang begitu mah..

[Ustad Abu Janda al-Boliwudi]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment