Tuesday, October 2, 2012

Khasiat Sayur Kubis Kol


Kubis disebut juga kol, kubis telur, kubis krop.
 
Kubis segar bisa dimakan sebagai lalap di daerah Indonesia.
 
Kubis segar mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, sulfur, histidine, vitamin A, C, E, tiamin, riboflavin, nicotinamide dan beta karoten.


Kubis juga mengandung senyawa sianohidroksibutena, sulforafan dan liberin yang merangsang pembentukan glutation.

Kandungan zat aktifnya sulforafan dan histidine menghambar pertumbuhan tumor, mencegah kanker kolon dan rektum, detoksikasi senyawa kimia berbahaya, dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan kanker.

Selain menurunkan kadar kolesterol darah yang meninggi, kubis juga untuk pengobatan luka, borok pada saluran cerna, melindungi tubuh dari sinar radiasi, mengatasi sembelit, serta gatal akibat jamur dan candida.
   


Kol Untuk Obat
Kubis bisa dimanfaatkan untuk menghambat pertumbuhan tumor, mencegah kanker kolon dan rektum.

Bahan yang dibutuhkan:
Kubis segar berukuran sedang sebanyak 1/4 buah.

Cara pemakaian:
Kubis dicuci bersih, lalu dibilas dengan air matang.
Potong-potong seperlunya lalu dijus.
Air sari kubis ini diminum sekaligus dan lakukan hal ini setiap hari.

Bagi Anda yang menderita sakit maag, baik yang baru maupun sudah lama sebaiknya tetap selalu mengonsumsi sayuran kol dengan cara dibuat juice. Khusus untuk yang sakit lambung (maag), sebaiknya setengah atau satu jam sebelum makan minum juice kol. Untuk membuatnya pun terbilang sangat mudah, dengan 300 gram mentimun ditambah 150 gram kol putih yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, lalu di juice semuanya kemudan disaring dan segera diminum.

NB:
Tapi bagi Anda yang belum mengerti mengenai karakteristik buah / sayur kol sebaiknya hati-hati dalam memilih kol dan sebaiknya sayuran kol tidak dikonsumsi dalam keadaan matang atau empuk, karena dapat mengeluarkan gas di dalam sayuran sehingga menimbulkan rasa kembung di lambung. 

Artikel Terkait