Wednesday, October 26, 2016

Perang Kampanye Dimulai


DUNIA HAWA - Masa kampanye Pilkada DKI secara resmi telah dimulai hari ini. Para pendukung Cagub sudah mulai bikin berbagai meme untuk mendukung jagonya masing masing ataupun menjatuhkan pihak lawan masing masing. Salah satunya adalah meme berikut ini. 

Gambar ini berasal dari kelompok anti Ahok yang punya gaya khas selalu bawa bawa agama untuk urusan politik. Meme kampanye ini bahkan membawa-bawa hadist segala yang katanya Tuhan suka bilangan ganjil oleh karena itu jangan pilih nomer 2. Pilih saja nomer 1 atau 3. 


Tapi meme ini mengandung cacat logika. Jika Tuhan tidak suka angka atau sesuatu yang genap jadi silakan cungkil satu mata Anda, potong satu kaki, tangan atau telinga Anda atau copot satu roda sepeda motor anda untuk membuat Tuhan senang. Logika edan kan?

Meme kedua ini berasal dari pendukung pasangan nomer urut 2. Meme ini menyampaikan tata cara pencoblosan di dalam bilik suara dimana no 1 dibuka, terus no 2 dicoblos dan no 3 ditutup. 


Nah kalo meme yang seperti ini netral ga bawa bawa Tuhan segala buat kampanye. Selain itu juga cukup cerdas, kreatif dan menggelitik. Kedua meme ini bisa jadi juga menunjukkan serta mencerminkan kwalitas serta pola pikir dari para pendukung kubu masing masing.

Kita tahu ada 3 macam karakteristik pemilih yaitu pemilih rasional (yang memilih berdasar fakta, bukti, prestasi nyata, program dan misi visi), pemilih emosional (yang memilih berdasarkan rasa suka-tidak suka dan kepribadian seseorang) serta pemilih tradisional / primordial (yang memilih berdasarkan suku, ras dan agama seseorang). Jelas sekali bahwa orang yang memilih berdasar rasional rata rata adalah orang yang kritis, cerdas dan berpendidikan sedang orang yang hanya memilih berdasar perasaan dan kesamaan primordialisme biasanya adalah orang yang memang “tidak terlalu cerdas”.

Jadi kalo saya, Agus Yudhoyo.....NO, Anies-Sandiaga u....NO tapi Ah....OK aja. Hehe.....

Salam Dua Jari......


[muhammad zazuli]

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment