Wednesday, April 6, 2016

Bukankah Kita Semua Manusia?


Dunia Hawa - Assalamualaikum Ulama yang saya muliakan,

..sertakan kami anak-anak bangsa di hatimu saat dakwah "mengkafirkan" di depan jama'ah, karena ucapanmu bisa mengobarkan permusuhan horisontal di akar rumput.. Bukankah mereka yang "Kafir" manusia juga?

Seperti yang dicontohkan Rosulullah saat iring-iringan jenazah lewat di depan rumahnya.. lalu mereka protes saat Nabi berdiri untuk menghormati, "ya Rosul, tapi itu jenazah Yahudi..", dijawab oleh Nabi, "apakah dia bukan manusia?" (HR.Bukhari 1311, HR.Muslim 11:103)

Dear Abang-Abang panutan kami,

..pertimbangkan nasib adik-adikmu ini saat Abang lempar isu SARA demi menang Pilkada.. Karena Abang adalah suri tauladan bagi banyak generasi muda, kata-kata Abang bisa picu sentimen kebencian bukan tidak mungkin berujung kekerasan.

Yang terhormat Bapak-Bapak Wakil Rakyat,

..kami mohon jangan gadaikan masa depan kami putra putri bangsa demi ambisi kekuasaan sesaat. Karena ujar kebencian politik yang mungkin celoteh ringan bagi kalian tapi bagaikan mandat bagi sebagian rakyat yang berpotensi memecah-belah bangsa.

Wahai saudaraku Muslimin & Muslimat,

..apa yang terjadi di luar sana, di Palestina, di Rohingya, di Suriah, bukan andil saudara-saudara kita yang berbeda keyakinan disini. Apapun yang terjadi di luar sana, tidak ada alasan bagi kalian untuk membenci saudara sebangsa beda aliran beda agama yang tak punya dosa.

Bukankah kita semua bangsa Indonesia? Bukankah sahabat Nabi sudah berwasiat.. "Mereka yang bukan saudara dalam iman, adalah saudara dalam kemanusiaan." 
( Sayidina Ali Bin Abi Talib R.A. )

Hey Akhi Ukhti muda,

..kami hargai semangat kalian mempelajari Islam dan niat baik kalian ingin ikut berperan menegakkan Syariat. Tapi juga jangan lupakan wejangan para Kiyai & Ulama pahlawan bangsa yang telah berjuang memberikan kemerdekaan yang kalian hirup sekarang..

"Hubbul wathon minal iman,
Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman"
| KH. Hasyim Asy'ari, Kiyai Pahlawan RI

"Muslim itu jangan fanatik karena fanatik itu bodoh."
| Kiyai Ahmad Dahlan, Kiyai Pahlawan RI

"Kecantikan abadi adalah keelokan adab."
| Buya Hamka, Ulama Pahlawan RI

Apapun yang kalian kejar di dunia ini, jangan pernah lupakan bahwa kita semua manusia, tidak peduli Suku, Ras, Agama, kita semua saudara sebangsa, bangsa Indonesia. Mereka semua saudara kita dalam kemanusiaan meskipun bukan saudara kita dalam iman.

BUKANKAH KITA SEMUA MANUSIA?

[Ustad Abu Janda al-Boliwudi]




Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment